-Fikih Fikih Ibadah Masa-il Ushuliyah

Bedah Tahlilan Bagian 2: Tahlilan dan Kenduri Setelah Kematian

hukum tahlilan

Dalil Tahlilan dan kenduri di hari ke-7 dan hari ke-40

Artikel tentang pembacaan quran dan hadiah bagi yang telah meninggal, silakan klik link  berikut ini

Berikut beberapa dalil tentang masyru’nya tahlilan dan kenduri di hari ketujuh dan keempat puluh:

· Dalil Pertama:

عن أحنف بن قيس: كنت أسمع عمر يقول: لايدخل أحد من قريش في باب إلا دخل معه ناس، فلا أدري ما تأويل قوله حتى طعن عمر فأمر صهيبا أن يصلى بالناس ثلاثاً، وأمر بأن يجعل للناس طعاماً.

فلما رجعوا من الجنازة جاءوا وقد وضعت الموائد فأمسك الناس عنها للحزن الذي هم فيه، فجاء العباس بن عبد المطلب فقال: ياأيها الناس قد مات رسول الله صلي الله عليه وسلم فأكلنا بعده وشربنا، ومات أبوبكر فأكلنا بعده وشربنا أيها الناس كلوا من هذا الطعام فمدَّ يده ومدَّ الناس أيديهم، فأكلوا فعرفت تأويل ذلك.

Dari Ahnaf Bin Qays: Saya pernah mendengar Umar Ra berkata: “Tidak akan masuk seseorang dari kaum Quraisy ke dalam satu pintu kecuali orang-orang juga akan masuk bersamanya.

Saya (Ahnaf) tidak mengerti apa maksud ucapan Umar Ra tersebut, sampai suatu hari Umar ditikam (yang mengakibatkan beliau wafat). Lalu Umar memerintahkan Shuhaib untuk memimpin orang-orang shalat berjamaah selama 3 hari, dan memerintahkan untuk dihidangkan makanan bagi orang-orang (yang datang menjenguknya).

Maka ketika orang-orang telah kembali dari (menguburkan) jenazah Umar Ra, mereka datang (kembali ke rumah Umar) dan makanan telah dihidangkan. Lantas orang-orang menahan diri (dari menyantap hidangan) karena kesedihan yang sedang menimpa mereka.

(Melihat orang-orang tidak menyantap makanan yang telah disediakan), maka Abbas bin Abdul Muthalib Ra datang seraya berkata: “Wahai manusia, telah wafat Rasulullah Saw dan kita makan dan minum setelah wafatnya. Dan telah wafat Abu Bakar Ra dan kita juga makan dan minum setelah wafatnya. Wahai manusia, makanlah makanan-makanan (yang telah disediakan) ini. Lalu Abbas mengulurkan tangannya dan orang-orang (dari para sahabat Nabi) juga mengulurkan tangan mereka, lalu mereka makan.

(Ahnaf berkata:) Maka, barulah aku mengerti apa maksud ucapan Umar itu.

[Kisah ini terdapat dalam kitab: Al Fawaid as Syahir karya Abu Bakar as Syafii juz 1 hal 288, Kanzu al Ummaal fii sunanil aqwaal wa al Af’al Jilid 13 hal. 309, Thabaqat al Kubra karya Ibnu Sa’ad Juz 4 hal 29, Tarikh Dimasyq juz 26 hal 373, dan al Makrifah wa at Taarikh Juz 1 hal 110]

رَوَى أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلَ فِي الزُّهْدِ وَأَبُوْ نُعَيْمٍ فِي الْحِلْيَةِ عَنْ طَاوُسٍ أَنَّ الْمَوْتَى يُفْتَنُوْنَ فِي قُبُوْرِهِمْ سَبْعًا فَكَانُوْا يَسْتَحِبُّوْنَ أَنْ يُطْعِمُوْا عَنْهُمْ تِلْكَ اْلأَيَّامِ إِسْنَادُهُ صَحِيْح وَلَهُ حُكْمُ الرَّفْعِ

Imam Ahmad meriwayatkan dalam kitab Zuhud dan Abu Nuaim dalam al-Hilyah dari Thawus bahwa ‘sesungguhnya orang-orang yang mati mendapatkan ujian di kubur mereka selama 7 hari. Maka para sahabat senang untuk memberi sedekah pada 7 hari tersebut’. Sanad riwayat ini sahih dan berstatus hadis marfu’.” (al-Dibaj Syarah sahih Muslim II/490)

Menjadi penting untuk diperhatikan bahwa atsar tersebut diriwayatkan oleh banyak ulama Ahli Hadis di anatarnya adalah:

1- Ibnu Hajar dalam al-Mathalib al-Aliyah jilid 5 hal. 330,

2- Abu Nuaim dalam Hilyat al-Auliya’ hilid 4 hal. 11

3- Ibnu al-Jauzi dalam Shifat al-Shafwah jilid 1 hal. 20

4- Ibnu Katsir (murid Ibnu Taimiyah, ahli Tafsir) dalam al-Bidayah wa al-Nihayah jilid 9 hal. 270,

5- Ibnu Baththal dalam Syarah al-Bukhari jilid 3 hal. 271

6- Dan Badruddin al-Aini dalam Umdat al-Qary jilid 12 hal. 277.

· Dalil kedua:

وَذَكَرَ ابْنُ جُرَيْجٍ فِي مُصَنَّفِهِ عَنْ عُبَيْدِ بْنِ عَمِيْرٍ أَنَّ الْمُؤْمِنَ يُفْتَنُ سَبْعًا وَالْمُنَافِقَ أَرْبَعِيْنَ صَبَاحًا وَسَنَدُهُ صَحِيْح أَيْضًا

“Ibnu Juraij menyebutkan dalam kitab al-Mushannaf dari Ubaid bin Amir bahwa ‘orang mukmin mendapatkan ujian (di kubur) selama 7 hari, dan orang munafik selama 40 hari’. Sanadnya juga sahih.” (Lihat: al-Dibaj Syarah sahih Muslim II/490)

Siapakah Ubaid diatas? Al-Hafidz as-Suyuthi menjelaskan:

قَالَ مُسْلِمُ بْنُ الْحَجَّاجِ صَاحِبُ الصَّحِيْحِ إِنَّهُ وُلِدَ فِي زَمَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ غَيْرُهُ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَعَلَى هَذَا يَكُوْنُ صَحَابِيًّا

“Muslim bin Hajjaj pengarang kitab Sahih berkata bahwa Ubaid bin Umair dilahirkan di masa Nabi Saw. Yang lain berkata bahwa Ubaid melihat Rasulullah Saw. Dengan demikian Ubaid adalah seorang sahabat” (al-Hawi li al-Fatawi 3/267).

· Dalil ketiga:

وَقَدْ رُوِىَ عَنْ مُجَاهِدٍ أَنَّ الْمَوْتَى كَانُوْا يُفْتَنُوْنَ فِي قُبُوْرِهِمْ سَبْعًا فَكَانُوْا يَسْتَحِبُّوْنَ أَنْ يُطْعَمَ عَنْهُمْ تِلْكَ اْلاَيَّامَ

“Sungguh telah diriwayatkan dari Mujahid bahwa sesungguhnya orang-orang yang mati mendapatkan ujian di kubur mereka selama 7 hari. Maka para sahabat senang untuk memberi sedekah pada 7 hari tersebut”. (al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hanbali, Ahwal al-Qubur 1/19)

Fatwa Madzhab Syafii

Riwayat Atsar diatas telah dikaji oleh ulama Madzhab Syafii yang bernama Syaikh Ibnu Hajar al-Haitami, beliau menilai sahih dan menfatwakannya. Berikut fatwa beliau:

( وَسُئِلَ ) فَسَّحَ اللَّهُ فِي مُدَّتِهِ بِمَا لَفْظُهُ مَا قِيلَ إنَّ الْمَوْتَى يُفْتَنُونَ فِي قُبُورِهِمْ أَيْ يُسْأَلُونَ كَمَا أَطْبَقَ عَلَيْهِ الْعُلَمَاءُ سَبْعَةَ أَيَّامٍ هَلْ لَهُ أَصْلٌ ؟ ( فَأَجَابَ ) بِقَوْلِهِ نَعَمْ لَهُ أَصْلٌ أَصِيلٌ فَقَدْ أَخْرَجَهُ جَمَاعَةٌ عَنْ طَاوُسِ بِالسَّنَدِ الصَّحِيحِ وَعُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ بِسَنَدٍ احْتَجَّ بِهِ ابْنُ عَبْدِ الْبَرِّ وَهُوَ أَكْبَرُ مِنْ طَاوُسِ فِي التَّابِعِينَ بَلْ قِيلَ: إنَّهُ صَحَابِيٌّ؛ لِأَنَّهُ وُلِدَ فِي زَمَنِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكَانَ بَعْضُ زَمَنِ عُمَرَ بِمَكَّةَ وَمُجَاهِدٍ وَحُكْمُ هَذِهِ الرِّوَايَاتِ الثَّلَاثِ حُكْمُ الْمَرَاسِيلِ الْمَرْفُوعَةِ؛ لِأَنَّ مَا لَا يُقَالُ مِنْ جِهَةِ الرَّأْيِ إذَا جَاءَ عَنْ تَابِعِيٍّ يَكُونُ فِي حُكْمِ الْمُرْسَلِ الْمَرْفُوعِ إلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَمَا بَيَّنَهُ أَئِمَّةُ الْحَدِيثِ.

وَالْمُرْسَلُ حُجَّةٌ عِنْدَ الْأَئِمَّةِ الثَّلَاثَةِ وَكَذَا عِنْدَنَا إذَا اعْتَضَدَ، وَقَدْ اعْتَضَدَ مُرْسَلُ طَاوُسِ بِالْمُرْسَلَيْنِ الْآخَرَيْنِ بَلْ إذَا قُلْنَا بِثُبُوتِ صُحْبَةِ عُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ كَانَ مُتَّصِلًا لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبِقَوْلِهِ الْآتِي عَنْ الصَّحَابَةِ كَانُوا يَسْتَحِبُّونَ إلَخْ لِمَا يَأْتِي أَنَّ حُكْمَهُ حُكْمُ الْمَرْفُوعِ عَلَى الْخِلَافِ فِيهِ، وَفِي بَعْضِ تِلْكَ الرِّوَايَاتِ زِيَادَةُ إنَّ الْمُنَافِقَ يُفْتَنُ أَرْبَعِينَ صَبَاحًا وَمِنْ ثَمَّ صَحَّ عَنْ طَاوُسِ أَيْضًا أَنَّهُمْ كَانُوا يَسْتَحِبُّونَ أَنْ يُطْعَمَ عَنْ الْمَيِّتِ تِلْكَ الْأَيَّامَ.

وَهَذَا مِنْ بَابِ قَوْلِ التَّابِعِيِّ : “كَانُوا يَفْعَلُون”،َ وَفِيهِ قَوْلَانِ لِأَهْلِ الْحَدِيثِ وَالْأُصُولِ :

– أَحَدُهُمَا أَنَّهُ أَيْضًا مِنْ بَابِ الْمَرْفُوعِ وَأَنَّ مَعْنَاهُ كَانَ النَّاسُ يَفْعَلُونَ ذَلِكَ فِي عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَعْلَمُ بِهِ وَيُقِرُّ عَلَيْهِ.

– وَالثَّانِي أَنَّهُ مِنْ بَابِ الْعَزْوِ إلَى الصَّحَابَةِ دُونَ انْتِهَائِهِ إلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى هَذَا قِيلَ: إنَّهُ إخْبَارٌ عَنْ جَمِيعِ الصَّحَابَةِ فَيَكُونُ نَقْلًا لِلْإِجْمَاعِ، وَقِيلَ: عَنْ بَعْضِهِمْ وَرَجَّحَهُ النَّوَوِيُّ فِي شَرْحِ مُسْلِمٍ، وَقَالَ الرَّافِعِيُّ: مِثْلُ هَذَا اللَّفْظِ يُرَادُبِهِ أَنَّهُ كَانَ مَشْهُورًا فِي ذَلِكَ الْعَهْدِ مِنْ غَيْرِ نَكِيرٍ.

ثُمَّ مَا ذُكِرَ فِي السُّؤَالِ عَنْ الْعُلَمَاءِ مِنْ أَنَّ الْمُرَادَ بِالْفِتْنَةِ سُؤَالُ الْمَلَكَيْنِ صَحِيحٌ. فَإِنْ قُلْت: لِمَ كَرَّرَ الْإِطْعَامَ سَبْعَةَ أَيَّامٍ دُونَ التَّلْقِينِ؟ قُلْت: لِأَنَّ مَصْلَحَةَ الْإِطْعَامِ مُتَعَدِّيَةٌ وَفَائِدَتُهُ لِلْمَيِّتِ أَعْلى؛ إذْ الْإِطْعَامُ عَنْ الْمَيِّتِ صَدَقَةٌ وَهِيَ تُسَنُّ عَنْهُ إجْمَاعًا، وَالتَّلْقِينُ أَكْثَرُ الْعُلَمَاءِ عَلَى أَنَّهُ بِدْعَةٌ وَإِنْ كَانَ الْأَصَحُّ عِنْدَنَا خِلَافَهُ لِمَجِيءِ الْحَدِيثِ بِهِ، وَالضَّعِيفُ يُعْمَلُ بِهِ فِي الْفَضَائِلِ .

(الفتاوى الفقهية الكبرى – ج 3 / ص 193)

Syaikh Ibnu Hajar al-Haitami ditanya, semoga Allah melapangkannyasemasa hidupnya, dengan sebuah pertanyaan bahwa: Orang-orang yang matimendapat ujian di alam kuburnya, yaitu mereka ditanya sebagaimanadikatakan oleh para ulama, selama 7 hari. Apakah hal tersebut memilikidasar?

Syaikh Ibnu Hajar al-Haitami menjawab: “Ya, hal itu memiliki dasar yangkuat. Sebab segolongan ulama telah meriwayatkan dari Thawus dengan sanadyang sahih dan Ubaid bin Umair dengan sanad yang dijadikan hujjah olehIbnu Abdil Barr, Ubaid lebih senior daripada Thawus dalam Tabiin, bahkandikatakan bahwa Ubaid adalah sahabat, karena Ubaid dilahirkan di masaNabi Saw dan di sebagian masa Umar di Makkah, dan riwayat dari Mujahid.
Hukum ketiga riwayat (Thawus, Ubaid bin Umair dan Mujahid) tersebutadalah Mursal yang disandarkan pada Rasulullah Saw. Sebab jika adasesuatu yang bukan berdasarkan pendapat jika disampaikan oleh seorangTabiin maka berstatus hukum Mursal yang disandarkan pada Rasulullah Saw, seperti yang disampaikan oleh para imam di bidang hadis. Sedangkanriwayat Mursal adalah hujjah menurut 3 imam (Hanafi, Maliki danHanbali), juga menurut kita (Syafiiyah) jika dikuatkan riwayat lain.
Dansungguh riwayat Thawus ini dikuatkan oleh 2 riwayat mursal lainnya(Ubaid bin Umair dan Mujahid). Bahkan jika kita berpendapat dengankeabsahan status sahabat Ubaid bin Umair maka riwayat tersebutbersambung kepada Rasulullah Saw, dan dengan perkataannya berikut darisahabat: “Mereka senang….” Disebabkan bahwa hukum riwayat tersebutadalah Marfu’, dengan terdapat perbedaan di dalamnya. Dalam sebagianriwayat ada tambahan “Orang munafiq diuji selama 40 pagi hari”. Olehkarena itu telah sah dari Thawus pula bahwa mereka menganjurkan memberisedekah makanan dari mayit selama 7 hari tersebut.
Ini adalah ucapanseorang Tabiin “Mereka melakukan”, di dalamnya ada 2 pendapat menurutahli hadis dan Ushul Fiqih:
– Pertama: sebagai riwayat Marfu’ yangdisandarkan pada Rasulullah Saw. Maksudnya para sahabat melakukan halitu di masa Rasulullah Saw, Nabi mengetahuinya dan menyetujuinya.

– Kedua: dinisbatkan pada sahabat, tidak sampai hingga Rasulullah Saw. Menurutpendapat kedua ini maka yang disampaikan Thawus adalah informasi darisemua sahabat. Maka Thawus mengutip Ijma’ para sahabat. Ada yangmengatakan dari sebagian sahabat, seperti dikuatkan oleh an-Nawawi dalamSyarah Muslim. Ar-Rafii berkata: Riwayat seperti ini sudah popular dimasa itu tanpa pengingkaran.

Kemudian apa yang disebut dalam ujian daripara ulama, bahwa yang dimaksud dengan soal adalah pertanyaan malaikat, adalahsahih…. Jika ada yang mengatakan mengapa yang diulang-ulang adalahsedekah makanan 7 hari bukannya Talqin? Saya menjawab: Sebab kemaslahatanmemberi sedekah makanan berdampak lebih luas, dan manfaatnya bagi mayitlebih tinggi. Sebab memberi makan untuk mayit adalah sedekah, dansedekah atas nama mayit adalah sunah, sesuai ijma’ ulama. SedangkanTalqin menurut kebanyakan ulama adalah bid’ah, meski pendapat yang lebihkuat menurut kita (Syafiiyah) bukan bid’ah, karena berdasarkan hadis, dan hadis dhaif boleh diamalkan dalam keutamaan amal” (Fatawa al-Kubraal-Fiqhiyyah 3/193).

SUNNAH YANG TELAH LAMA

Satu hal yang tak dapat dibantah adalah, amaliyah kenduri tersebut masih terus berlangsung, diamalkan oleh umat Islam di Makkah dan Madinah hingga masa al-Hafidz as-Suyuthi di abad 10:

إِنَّ سُنَّةَ اْلإطْعَامِ سَبْعَةَ أَيَّامٍ بَلَغَنِي أَنَّهَامُسْتَمِرَّة إلَى اْلآنَ بِمَكَّةَ وَالْمَدِيْنَةِ فَالظَّاهِرُ أَنَّهَالَمْ تُتْرَكْ مِنْ عَهْدِ الصَّحَابَةِ إِلَى اْلآنَ وَإِنَّهُمْأَخَذُوْهَا خَلَفًا عَنْ سَلَفٍ إلَى الصَّدْرِ اْلأَوَّلِ

Al-Hafidz As-Suyuthi berkata: “Anjuran memberi makanan 7 hari, telah sampai kepada saya bahwa hal itu berlangsung hingga sekarang di Makah dan Madinah. Secara Dzahir hal itu tidak pernah ditinggalkan sejak masa sahabat hingga sekarang, dan mereka meneruskannya secara turun temurun dari masa Awal”. (al-Haawii 3/288).

Beberapa Syubhat dan jawabannya:

– Syubhat yang pertama: Atsar dari Jarir Ra

Orang-orang yg menolak tahlilan menggunakan Atsar Jarir Ra sebagai bantahan untuk melarang kumpul-kumpul di rumah duka yg berbunyi:

عَنْ جَرِيْرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ الْبَجَلِي قاَلَ كُنَّا نَعُدُّاْلاِجْتِمَاعَ إِلَى أَهْلِ الْمَيِّتِ وَصَنِيْعَةَ الطَّعَامِ بَعْدَدَفْنِهِ مِنَ النِّيَاحَةِ

“Diriwayatkan dari Jarir bin Abdullah al-Bajali, ia berkata: Kami menganggap berkumpul di rumah orang yang meninggal dan membuatkan makanan setelah pemakaman sebagai perbuatan meratapi mayat” (Diriwayatkan oleh Ahmad No 6766 dan Ibnu Majah No 1612)

Ternyata seorang Mufti bermadzhab Hanbali, Syaikh Khalid bin Abdillah al-Mushlih mengutip penilaian dhaif dari Imam Ahmad sendiri:

وَقَدْ نَقَلَ أَبُوْ دَاوُدَ عَنْ أَحْمَدَ قَوْلَهُ: لاَ أَرَى لِهَذَا الْحَدِيْثِ أَصْلاً، فَهُوَ حَدِيْثٌ ضَعِيْفٌ لاَ يَصْلُحُ لِلْاِحْتِجَاجِ. وَعَلَى الْقَوْلِ بِصِحَّتِهِ فَهُوَ مَحْمُوْلٌ عَلَى مَجْمُوْعِ الصُّوْرَةِ لاَ عَلَى مُجَرَّدِ اْلاِجْتِمَاعِ وَبِهَذَا قَالَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ. وَالَّذِي يَظْهَرُ لِي أَنَّهُ إِنْ خَلاَ الْجُلُوْسُ مِنَ اْلإِضَافَاتِ الْبِدْعِيَّةِ فَإِنَّهُ لاَ بَأْسَ بِهِ لاَسِيَّمَا إِذَا كَانَ لاَ يَتَأَتَّى لِلنَّاسِ التَّعْزِيَّةُ إِلاَ بِذَلِكَ وَاللهُ أَعْلَمُ (أكثر من 100 فتوى للشيخ خالد بن عبد الله المصلح 1 / 35)

“Abu Dawud sungguh telah mengutip dari Ahmad: Saya tidak menemukan dasar dalam riwayat ini. Maka ini adalah riwayat yang dlaif yang tidak layak dijadikan hujjah. Dan berdasarkan pada pendapat yang menilainya sahih, maka diarahkan pada seluruh bentuk, tidak pada bentuk berkumpulnya saja, inilah yang dikemukakan oleh sebagian ulama. Menurut saya, bila berkumpul tersebut tidak ada unsur-unsur yang mengandung bid’ah, maka tidak apa-apa. Apalagi jika orang lain tidak mau takziyah kecuali dengan cara seperti itu” (Fatwa Syaikh Khalid bin Abdullah al-Mushlih I/35).

Penilaian yang sama juga disampaikan oleh Syaikh al-Tharifi:

وَلِهَذَا تَجِدُ اَنَّ اْلاِمَامَ اَحْمَدَ اَخْرَجَ اَحَادِيْثَ فِيمُسْنَدِهِ وَمَعَ هَذَا يَعُلُّهَا بَلْ مِنْهَا مَا يُنْكِرُهُوَاْلاَمْثِلَةُ عَلَى هَذَا كَثِيْرَةٌ جِدًّا … وَمِنْهَا مَا أَخْرَجَهُفِي مُسْنَدِهِ مِنْ حَدِيْثِ إِسْمَاعِيْلِ عَنْ قَيْسٍ عَنْ جَرِيْرِبْنِ عَبْدِ اللهِ الْبَجَلِي قَالَ كُنَّا نَعُدُّ اْلاِجْتِمَاعَ إِلَىأَهْلِ الْمَيِّتِ وَصَنِيْعَةَ الطَّعَامِ بَعْدَ دَفْنِهِ مِنَالنِّيَاحَةِ. وَقَدْ نَقَلَ اَبُوْ دَاوُدَ عَنِ اْلاِمَامِ اَحْمَدَقَوْلَهُ فِيْهِ : لاَ اَصْلَ لَهُ

“Oleh karena itu anda akan menemukan Imam Ahmad meriwayatkan beberapa hadis dalam Musnadnya yang beliau sendiri menilainya cacat, bahkan sebagiannya menilainya munkar. Contohnya sangat banyak…. Diantaranya adalah ‘riwayat dari Jarir bin Abdullah al-Bajali, ia berkata: Kami menganggap berkumpul di rumah orang yang meninggal dan membuatkan makanan setelah pemakaman sebagai perbuatan meratapi mayat’. Abu Dawud sungguh telah mengutip penilaian dari Imam Ahmad mengenai riwayat tersebut: Riwayat ini tidak ada dasarnya!” (al-Tharifi dalam Syarah Bulugh al-Maram I/42)

Hal ini juga diakui oleh Sulaiman bin Nashir al-’Alwan:

وَلَكِنْ أَعَلَّ اْلإِمَامُ أَحْمَدُ هَذَا اْلأَثَرَ – شرح كتاب الجنائز من البلوغ للشيخ سليمان بن ناصر العلوان 1 / 105

“Akan tetapi Imam Ahmad menilai cacat pada atsar ini” (Syarah Bulughshram I/105)

– Syubhat kedua: Meratapi Mayit Menurut Sayidina Umar Ra

Sebagian Ustadz ada yang menjadikan Atsar Sayidina Umar di bawah ini sebagai larangan berkumpul-kumpul di rumah duka dengan memberikan makanan:

حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ مَالِكِ بْنِ مِغْوَلٍ، عَنْ طَلْحَةَ، قَالَ: قَدِمَ جَرِيرٌ عَلَى عُمَرَ، فَقَالَ: ” هَلْ يُنَاحُ قِبَلُكُمْ عَلَى الْمَيِّتِ ؟ قَالَ: لَا ” قَالَ: ” فَهَلْ تَجْتَمِعُ النِّسَاءُ عندَكُمْ عَلَى الْمَيِّتِ وَيُطْعَمُ الطَّعَامُ؟ قَالَ: نَعَمْ“، فَقَالَ: ” تِلْكَ النِّيَاحَةُ“

Telah menceritakan kepada kami Wakii’, dari Maalik bin Mighwal, dari Thalhah, ia berkata : Jarir mendatangi ‘Umar, lalu ia (‘Umar) berkata : “Apakah kamu sekalian suka meratapi mayit ?”. Jarir menjawab : “Tidak”. ‘Umar berkata : “Apakah diantara wanita-wanita kalian semua suka berkumpul di rumah keluarga mayit dan makan hidangannya ?”. Jarir menjawab : “Ya”. ‘Umar berkata : “Hal itu sama dengan niyahah (meratapi mayit)” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah 2/487].

Dalam riwayat yang sahih, Niyahah (meratapi mayit) yang dilarang menurut Sayidina Umar adalah sebagai berikut:

(باب مَا يُكْرَهُ مِنَ النِّيَاحَةِ عَلَى الْمَيِّتِ) ) وَقَالَ عُمَرُ – رضى الله عنه – دَعْهُنَّ يَبْكِينَ عَلَى أَبِي سُلَيْمَانَ مَا لَمْ يَكُنْ نَقْعٌ أَوْ لَقْلَقَةٌ . وَالنَّقْعُ: التُّرَابُ عَلَى الرَّأْسِ ، وَاللَّقْلَقَةُ: الصَّوْتُ . (صحيح البخارى – ج 5 / ص 163)

“Bab yang dimakruhkan, yakni meratapi mayit; Umar berkata: Biarkan wanita-wanita itu menangisi Abu Sulaiman selama tidak ada melumuri kepala dengan tanah atau suara” (Riwayat al-Bukhari 5/163)

Riwayat ini disampaikan oleh Imam al-Bukhari secara Mu’allaq, namun al-Hafidz Ibnu Hajar mencantumkan sanadnya seperti yang dicantumkan oleh al-Bukhari dalam Tarikh al-Ausathnya:

قَوْله : ( وَقَالَ عُمَر : دَعْهُنَّ يَبْكِينَ عَلَى أَبِي سُلَيْمَان إِلَخْ ) هَذَا الْأَثَر وَصَلَهُ الْمُصَنِّف فِي التَّارِيخ الْأَوْسَط مِنْ طَرِيق الْأَعْمَش عَنْ شَقِيق قَالَ : لَمَّا مَاتَ خَالِد بْن الْوَلِيد اِجْتَمَعَ نِسْوَة بَنِي الْمُغِيرَة – أَيْ اِبْن عَبْد اللَّه بْن عَمْرو بْن مَخْزُوم – وَهُنَّ بَنَات عَمّ خَالِد بْن الْوَلِيد بْن الْمُغِيرَة يَبْكِينَ عَلَيْهِ ، فَقِيلَ لِعُمَر : أَرْسِلْ إِلَيْهِنَّ فَانْهَهُنَّ ، فَذَكَرَهُ . وَأَخْرَجَهُ اِبْن سَعْد عَنْ وَكِيع وَغَيْر وَاحِد عَنْ الْأَعْمَش . (فتح الباري لابن حجر – ج 4 / ص 333)

– Syubhat ketiga: Imam as Syafii Mengharamkan Kumpul-Kumpul di Rumah Duka?

Terkait dengan perkataan Imam Syafii: “Saya tidak senang dengan Ma’tam (berkumpul di rumah duka)”, maka sebagian ustadz lain mengatakan bahwa hal itu adalah Makruh Tahrim!

Entah dari mana jalan bagi mereka yang tidak bermadzhab  kemudian sesuka hati berkomentar tentang madzhab Syafii. Tuduhan ini bertentangan dengan pendapat mayoritas ulama Syafiiyah, imam an-Nawawi berkata:

وَأَمَّا قَوْلُ الشَّافِعِي رَحِمَهُ اللهُ فِي اْلاُمِّ وَاَكْرَهُ الْمَأْتَمَ وَهِىَ الْجَمَاعَةُ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُمْ بُكَاءٌ فَمُرَادُهُ الْجُلُوْسُ للِتَّعْزِيَةِ وَقَدْ سَبَقَ بَيَانُهُ. (المجموع – ج 5 / ص 308)

“Adapun perkataan Syafii rahimahullah di dalam al-Umm “Saya tidak senang dengan Ma’tam (berkumpul di rumah duka) meski tidak ada tangisan”, maksudnya adalah duduk-duduk untuk Takziyah, sebagaimana telah dijelaskan”. (Lihat: al-Majmu’ 5/308).

Penjelasan imam an-Nawawi dan ulama Syafiiyah lainnya menghukumi makruh, bukan makruh tahrim apalagi sampai haram:

وَاَمَّا الْجُلُوْسُ لِلتَّعْزِيَةِ فَنَصَّ الشَّافِعِي وَالْمُصَنِّفُ وَسَائِرُ اْلاَصْحَابِ عَلَى كَرَاهَتِهِ (المجموع – ج 5 / ص 306)

“Adapun duduk-duduk untuk takziyah, maka Syafii, asy-Syairazi dan ulama Syafiiyah lainnya menjelaskan kemakruhannya” (al-Majmu’ 5/306)

Jika mereka masih bersikeras mengapa masih mengamalkan yang makruh? Cukup dijawab: ”Makkah dan Madinah saat ini saja membiarkan masjid al-Haram dan Masjid an-Nabawi dibangun dengan begitu megahnya dan indahnya, namun ulama-ulama tidak ada yang ingkar!”

Syaikh Ibnu Abdissalam berkata:

وَلِلْبِدَعِ الْمَكْرُوهَةِ أَمْثِلَةٌ مِنْهَا : زَخْرَفَةُ الْمَسَاجِدِ (قواعد الأحكام في مصالح الأنام – ج 2 / ص 383)

“Diantara bid’ah yang makruh adalah kemegahan masjid”. (Qawaid al-Ahkam 2/383)

Fatwa Ibnu Hajar al-Haitami:

(وَسُئِلَ) أَعَادَ اللهُ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِهِ … عَمَّا يُعْمَلُ يَوْمَ ثَالِثِ مَوْتِهِ مِنْ تَهْيِئَةِ أَكْلٍوَإِطْعَامِهِ لِلْفُقَرَاءِ وَغَيْرِهِمْ وَعَمَّا يُعْمَلُ يَوْمَالسَّابِعِ كَذَلِكَ وَعَمَّا يُعْمَلُ يَوْمَ تَمَامِ الشَّهْرِ مِنَالْكَعْكِ وَيُدَارُ بِهِ عَلَى بُيُوْتِ النِّسَاءِ اللاَّتِي حَضَرْنَالْجِنَازَةَ وَلَمْ يَقْصِدُوْا بِذَلِكَ إلاَّ مُقْتَضَى عَادَةِ أَهْلِالْبَلَدِ حَتَّى إنَّ مَنْ لَمْ يَفْعَلْ ذَلِكَ صَارَ مَمْقُوْتًاعِنْدَهُمْ خَسِيْسًا لاَ يَعْبَئُوْنَ بِهِ وَهَلْ إذَا قَصَدُوْابِذَلِكَ الْعَادَةَ وَالتَّصَدُّقَ فِي غَيْرِ اْلأَخِيرَةِ أَوْمُجَرَّدَ الْعَادَةِ مَاذَا يَكُوْنُ الْحُكْمُ جَوَازٌ وَغَيْرُهُ … وَعَنْ الْمَبِيْتِ عِنْدَ أَهْلِ الْمَيِّتِ إلَى مُضِيِّ شَهْرٍ مِنْمَوْتِهِ ِلأَنَّ ذَلِكَ عِنْدَهُمْ كَالْفَرْضِ مَا حُكْمُهُ ؟

(فَأَجَابَ) بِقَوْلِهِ جَمِيْعُ ما يُفْعَلُ مِمَّا ذُكِرَ فِي السُّؤَالِ مِنَ الْبِدَعِ الْمَذْمُومَةِ لَكِنْ لاَ حُرْمَةَ فِيْهِ إلاَّ إنْ فُعِلَ شَيْءٌ مِنْهُ لِنَحْوِ نَائِحَةٍ أَوْ رِثَاءٍ وَمَنْ قَصَدَ بِفِعْلِ شَيْءٍ مِنْهُ دَفْعَ أَلْسِنَةِ الْجُهَّالِ وَخَوْضِهِمْ فِي عِرْضِهِ بِسَبَبِ التَّرْكِ يُرْجَى أَنْ يُكْتَبَ لَهُ ثَوَابُ ذَلِكَ أَخْذًا مِنْ أَمْرِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَحْدَثَ فِي الصَّلاَةِ بِوَضْعِ يَدِهِ عَلَى أَنْفِهِ وَعَلَّلُوْهُ بِصَوْنِ عِرْضِهِ عَنْ خَوْضِ النَّاسِ فِيْهِ لَوِ انْصَرَفَ عَلَى غَيْرِ هَذِهِ الْكَيْفِيَّةِ … وَإِذَا كَانَ فِي الْمَبِيْتِ عِنْدَ أَهْلِ الْمَيِّتِ تَسْلِيَةٌ لَهُمْ أَوْ جَبْرٌ لِخَوَاطِرِهِمْ لَمْ يَكُنْ بِهِ بَأْسٌ ِلأَنَّهُ مِنَ الصِّلاَتِ الْمَحْمُودَةِ الَّتِي رَغَّبَ الشَّارِعُ فِيْهَا وَالْكَلاَمُ في مَبِيْتٍ لاَ يَتَسَبَّبُ عَنْهُ مَكْرُوْهٌ وَلاَ مُحَرَّمٌ وَإِلاَّ أُعْطِيَ حُكْمَ مَا تَرَتَّبَ عَلَيْهِ إذْ لِلْوَسَائِلِ حُكْمُ الْمَقَاصِدِ وَاَللهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ (الفتاوى الفقهية الكبرى لابن حجر الهيتمي الشافعي 2 / 7)

“(Ibnu Hajar al-Haitami) ditanya mengenai hal yang dilakukan pada hariketiga setelah kematian dengan menghidangkan makanan orang-orang fakirdan lainnya, begitu pula pada hari ketujuh dan setelah sebulan. Merekatidak melakukan hal ini kecuali untuk mengikuti tradisi penduduksetempat. Hingga jika ada diantara mereka ada yang tidak melakukannya, maka mereka kurang disenangi. Apakah jika mereka yang bertujuanmelakukan tradisi dan sedekah, atau sekedar mengikuti tradisi, bagaimanatinjauan hukumnya, boleh atau tidak? Ibnu Hajar al-Haitami juga ditanyamengenai menginap di rumah duka hingga melewati masa satu bulan, sebabhal itu seperti kewajiban. Apa hukumnya?

(Ibnu Hajar) menjawab: Semuayang terdapat dalam pertanyaan adalah bid’ah yang tercela tapi tidakharam. Kecuali bila dilakukan untuk meratapi mayit. Dan seseorang yangmelakukannya bertujuan untuk menghindari ucapan orang-orang bodoh dandapat merusak reputasinya jika meninggalkannya, maka ada harapan diamemperoleh pahala. Hal ini berdasarkan perintah Rasulullah Saw tentangseseorang yang hadats dalam salat untuk memegang hidung dengantangannya. [HR Abdurrazzaq No 3606 dan al-Baihaqi No 3202. Al-Hafidzal-Bushiri berkata: “Sanad hadis ini perawinya adalah orang-orangterpercaya” (Ithaf al-Khiyarah II/72)]. Para ulama mengemukakan alasanuntuk menjaga nama baiknya jika tidak melakukan cara seperti ini. Danjika menginap di rumah duka bisa menghibur keluarganya dan bisamenentramkannya, maka tidak apa-apa bahkan ini bagian dari cara merajuthubungan yang terpuji, sebagaimana dianjurkan oleh syariat. Tema initerkait menginap yang tidak menimulkan hal-hal makruh atau haram. Jikaini terjadi maka berlaku hukum sebaliknya, karena sebuah sarana memilikihukum yang sama dengan tujuannya. Wallahu A’lam bi Shawab.” (al-Fatawaal-Fiqhiyyah al-Kubra, Ibnu Hajar al-Haitami, II/7)

Fatwa Syaikh Muhammad Ali bin Husain al-Maliki

Syaikh Muhammad Ali bin Husain al-Maliki, pengarang kitab Inarat al-Duja, memberi jawaban atas pertanyaan tentang kebiasaan di Jawa saat takziyah dan tahlil pada hari-hari tertentu, bahwa tradisi semacam itu bisa menjadi bid’ah yang diharamkan jika bertujuan untuk meratapi mayit, dan jika tidak bertujuan seperti itu dan tidak mengandung unsur haram lainnya, maka masuk kategori bid’ah yang diperbolehkan. Di akhir fatwa beliau berkata:

اِعْلَمْ اَنَّ الْجَاوِيِّيْنَ غَالِبًا اِذَا مَاتَ اَحَدُهُمْ جَاؤُوْا اِلَى اَهْلِهِ بِنَحْوِ اْلاَرُزِّ نَيِّئًا ثُمَّ طَبَّخُوْهُ بَعْدَ التَّمْلِيْكِ وَقَدَّمُوْهُ لاَهْلِهِ وَلِلْحَاضِرِيْنَ عَمَلاً بِخَبَرِ “اصْنَعُوْا لاَلِ جَعْفَرٍ طَعَامًا” وَطَمَعًا فِي ثَوَابِ مَا فِي السُّؤَالِ بَلْ وَرَجَاءَ ثَوَابِ اْلاِطْعَامِ لِلْمَيِّتِ عَلَى اَنَّ اْلعَلاَّمَةَ الشَّرْقَاوِيَ قَالَ فِي شَرْحِ تَجْرِيْدِ الْبُخَارِي مَا نَصُّهُ: وَالصَّحِيْحُ اَنَّ سُؤَالَ الْقَبْرِ مَرَّةٌ وَاحِدَةٌ وَقِيْلَ يُفْتَنُ الْمُؤْمِنُ سَبْعًا وَالْكَافِرُ اَرْبَعِيْنَ صَبَاحًا وَمِنْ ثَمَّ كَانُوْا يَسْتَحِبُّوْنَ اَنْ يُطْعَمَ عَنِ الْمُؤْمِنِ سَبْعَةَ اَيَّامٍ مِنْ دَفْنِهِ اهــ بِحُرُوْفِهِ (بلوغ الامنية بفتاوى النوازل العصرية مع انارة الدجى شرح نظم تنوير الحجا 215-219)

“Ketahuilah, pada umumnya orang-orang Jawa jika diantaramereka ada yang meninggal, maka mereka datang pada keluarganya denganmembawa beras mentah, kemudian memasaknya setelah proses serah terima, dan dihidangkan untuk keluarga dan para pelayat, untuk mengamalkanhadis: ‘Buatkanlah makanan untuk keluarga Ja’far’ dan untuk mengharappahala sebagaimana dalam pertanyaan (pahala tahlil untuk mayit), bahkanharapan adanya pahala sedekah makanan yang sampai bagi si mayit.

Hal ini berdasarkan pendapat Syaikhal-Syarqawi dalam syarah kitab Tajrid al-Bukhari yang berbunyi: Pendapatyang sahih bahwa pertanyaan dalam kubur hanya satu kali. Ada pendapatlain bahwa orang mukmin mendapat ujian di kuburnya selama 7 hari danorang kafir selama 40 hari tiap pagi. Oleh karenanya para ulamaterdahulu menganjurkan memberi makan untuk orang mukmin selama 7 harisetelah pemakaman” (Bulugh al-Amniyah dalam kitab Inarat al-Duja syarh Nazham Tanwir al Hija hal. 215-219).

Fatwa Syaikh al-Thahthawi al-Hanafi

Seorang ulama dari kalangan Hanafiyah, Syaikh al-Thahthawi (1231 H), mengutip pendapat dari Syaikh Burhan al-Halabi yang membantah hukum makruh dalam selametan 7 hari:

قَالَ فِي الْبَزَّازِيَّةِ: يُكْرَهُ اِتِّخَاذُ الطَّعَامِ فِي اْليَوْمِ اْلأَوَّلِ وَالثَّالِثِ وَبَعْدَ اْلأُسْبُوْعِ وَنَقْلُ الطَّعَامِ إِلَى الْمَقْبَرَةِ فِي الْمَوَاسِمِ وَاتِّخَاذُ الدَّعْوَةِ بِقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ وَجَمْعِ الصُّلَحَاءِ وَالْقُرَّاءِ لِلْخَتْمِ أَوْ لِقِرَاءَةِ سُوْرَةِ اْلأَنْعَامِ أَوِ اْلإِخْلاَصِ اهـ قَال َالْبُرْهَانُ الْحَلَبِي: وَلاَ يَخْلُوْ عَنْ نَظَرٍ ؛ِلأَنَّهُ لاَ دَلِيْلَ عَلَى اْلكَرَاهَةِ (حاشية الطحطاوي على مراقي الفلاح شرح نور الإيضاح 1 / 409)

“Disebutkan dalam kitab al-Bazzaziyah, bahwa: makruh hukumnya membuat makanan di hari pertama, ketiga dan setelah satu minggu, juga memindah makanan ke kuburan dalam musim-musim tertentu, dan membuat undangan untuk membaca al-Quran, mengumpulkan orang-orang shaleh, pembaca al-Quran untuk khataman atau membaca surat al-An’am dan al-Ikhlas.

Burhan al-Halabi berkata: Masalah ini tidak lepas dari perlunya dikaji ulang, sebab tidak ada dalil untuk menghukuminya makruh”. (Hasyiyah al-Thahthawi I/409).

Burhan al-Halabi memperbolehkan hal tersebut. Ini menunjukkan bahwa di masa itu sudah ada tradisi mengundang ulama dan orang lain untuk membaca al-Quran yang dihadiahkan bagi para al-Marhum.

Kesimpulan:

Dari dalil-dalil yang disebutkan diatas dapat disimpulkan bahwa: Tahlilan 7 atau 40 hari, Yasinan, membaca al Quran di atas kubur, mengirimkan hadiah dari bacaan al Quran kepada sesama mukmin yang telah meninggal dunia bukanlah perbuatan yang tidak ada dalil syar’inya. Bentuk amalan ini bahkan telah ada dari masa sahabat Rasulullah Saw.

Selanjutnya perlu diingatkan kepada sebahagian penuntut ilmu bahwa ketika belum menemukan dalil dalam sebuah masalah hendaknya tidak terburu-buru mengatakan permasalahan ini tidak ada dalilnya.

Jika inti dalam permasalahan ini tidak mengetahui dalilnya maka sungguh kita telah menyebutkan dalil-dalilnya. Namun jika masalahnya tidak suka atau benci sebab berbeda dengan pemahaman dari kelompoknya sungguh hal ini termasuk ke dalam masalah hasad dengki dan ta’asshub tercela yang tidak pernah melihat kebaikan di luar pihaknya.

Adapun jika dalam beberapa hal terdapat kesamaannya dengan agama lain, selama kita memiliki dalil maka itulah pijakan kita na’udzubillah kita menjadikan ajaran agama lain sebagai ajaran agama Islam yang telah sempurna. Toh dalam pelaksanaannya mereka juga tidak membaca ayat-ayat al Quran dan zikir sebagaimana yang kita baca.

Dahulunya mereka penyembah berhala berputar-putar di sekitar berhala dengan keyakinan bahwa berhala tersebut tuhan yang akan mendekatkan mereka kepada Allah Swt. Sedangkan kaum yang beriman yaitu para sahabat ketika berputar-putar (thawaf) di sekitar ka’bah bukanlah menyembah kakbah namun mereka menyembah Tuhannya Kakbah dengan bacaan dan zikir yang mengesakan Allah Swt tidak mensyirikkanNya dengan segala suatu apapun. Dengan demikian walau ada kemiripannya tetap tidak sama baik dalam keyakinan maupun juga bacaan dan zikirnya.

Wallahu A’la wa A’lam.

Comments

comments

Tentang Penulis

Dosen IAIN Langsa, Doktoral Fiqh Muqaran (Perbandingan Mazhab Fikih) di Universitas Al Azhar - Mesir, Mudir dan Ketua Yayasan Pesantren Dar Faqih Qurani - Aceh Timur, Dewan Fatwa Nasional Jami'ah Al Wasliyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.