Kapankah Terjadinya Kiamat? Ketahuilah Hikmah Yang Sudah Allah Siapkan Atas Rahasia Ini

Rahasia kiamat

Hikmah Allah Swt Rahasiakan Kapan Terjadi Kiamat

Pertanyaan:

Asalamualaikum ustadz
saya mau tanya tentang rukun iman yang ke 5 yaitu percaya kepada hari kiamat. Mengapa tak ada manusia pun yang mengetahui nya bahkan kekasih Allah pun tak tahu kapan datangnya hari kiamat itu. Nah pertanyaan saya adalah mengapa Allah Swt merahasiakan hari kiamat?
Mohon penjelasan nya.
wassalam

Tami Sp

Jawaban:

Waalaikum Salam wr wb
Allah Swt merahasiakan segala sesuatu sebab hikmahNya yang sangat agung.

Allah Swt merahasiakan kematian agar kita terus beramal dan menghindari maksiat sebab kita tidak tahu kapan ajal akan menjemput .

Allah Swt merahasiakan waktu mustajab doa di hari Jumat begitu pula malam Lailatul Qadar agar kita mengisi semua malam 10 akhir Ramadhan dengan kebaikan dan ketaatan. Sehingga orang yg beriman semakin banyak pahalanya, demikian pula dengan rahmat Nya mereka yang durhaka tidak berat menerima siksaan yang berlebih sebab jika mereka tahu waktu yang utama namun justeru mereka isi dengan kebatilan menyebabkan dosa mereka menjadi berlipat ganda.

Kiamat kapan waktunya? Itu merupakan rahasia Allah Swt yang tidak diberitahukan kepada siapapun walau kekasihNya Saw, dan bahkan malaikat Israfil yang bertugas meniup sangkakala tanda tibanya kiamat pun tidak diberitahukan oleh Allah Swt. Namun Rasulullah Saw mengetahui secara umum waktu dekatnya hari kiamat melalui sabda-sabda beliau yang disampaikan kepada para sahabatnya tentang tanda-tanda dekatnya hari kiamat seperti dalam hadits Jibril As bahwa sang ibu melahirkan tuannya, manusia akan berlomba-lomba dalam kemegahan dan seterusnya.

Adapun rincian waktu terjadinya kiamat, hal ini merupakan rahasia khusus milik Allah Swt. Allah Swt berfirman:

إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dialah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”. (QS. Luqman ayat: 34).

Dari ayat tersebut jelaslah bagi kita ada 5 hal ghaib yang Allah Swt khususkan ilmunya hanya milikNya. Lalu jika ditanya mengapa Allah Swt merahasiakannya?

Jawaban simpelnya adalah jika Allah Swt memberitakannya maka ia bukan lagi sebuah rahasia.
Selanjutnya kiamat adalah hari kehancuran yang mengerikan dan sangat dahsyat. Para sahabat jika disebutkan tentang kiamat mereka sangat ketakutan. Dari hal ini dapat diketahui bahwa banyak perkara yang ketika dirahasiakan akan semakin mengerikan. Seorang ayah ketika sangat melarang anaknya melanggar sebuah perintahnya maka sang ayah akan mengancam dan mengatakan: jika kamu melanggar maka awaslah dan lihatlah nanti hukumannya. Maka sang anak akan sangat ketakutan.

Syeikh al Alusi dalam tafsirnya Ruh al Ma’ani juz 5 hal. 125 mengatakan:

“وإنما أخفي سبحانه أمر الساعة لاقتضاء الحكمة التشريعية ذلك ؛ فإنه أدعى إلى الطاعة ، وأزجر عن المعصية ، كما أن إخفاء الأجل الخاص للإنسان كذلك . . . وتدل الآيات على أنه صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لم يعلم وقت قيامها ، نعم علم صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قربها على الإجمال ، وأخبر صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ به” اهـ .

Hanya saja Allah Swt merahasiakan perkara kiamat sebab hikmah syariah yang menghendaki demikian: lebih mendukung untuk ketaatan, lebih mencegah dari kemaksiatan, sebagaimana demikian halnya dirahasiakan ajal setiap pribadi manusia. Ayat-ayat menunjukkan bahwa Rasulullah Saw tidak mengetahui kapan terjadi kiamat, namun Rasulullah Saw mengetahui dekatnya hari kiamat secara umum, dan Rasulullah Saw telah memberitahukannya (melalui tanda-tandanya)”.

Seorang sahabat pernah bertanya: Wahai Rasulullah Saw kapankah kiamat? Rasulullah Saw menjawab: “Apa yang sudah kamu siapkan?”. (HR. Al Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik Ra).

Berangkat dari hadits ini, yang lebih penting dari pertanyaan kapan kiamat dan mengapa dirahasiakan adalah menyiapkan amalan sebaik-baiknya untuk menjemput datangnya kiamat besar atau kiamat kecil yang pasti akan kita temui yaitu kematian setiap peribadi kita. Semoga kita meninggal dalam husnul khatimah. Allaahumma Aamiiin…

Wallahul Musta’an… Wabillahit Taufiq…

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Comments

comments

Add Comment