-Fikih Fikih Ibadah Konsultasi Syariah Bersama Ustadz

Mana Lebih Baik Shalat Witir 3 Rakaat sekali salam atau dua kali salam?

Assalamualaikum Ustadz pengasuh web konsultasifiqih.com.

Berkaitan dengan shalat Witir ada 2 persoalan:

1. Jika shalat Witir dilakukan 3 rakaat, bagaimana yang terbaik apakah dilaksanakan dengan sekali salam atau dengan dua kali salam?

2. Jika dilaksanakan dengan dua kali salam, maka bagaimana cara pasang niat ketika dua rakaat? Apakah dua Rakaat juga dianggap witir? Sedangkan Witir kan artinya ganjil?

Terimakasih.

Jawaban:

Waalaikum Salam wr wb.

Benar witir itu artinya ganjil. Dan shalat witir itu adalah shalat yang ada rakaat ganjil di dalamnya.

Dalam kitab Al Fatawa Al Kubra yang dikarang oleh imam Ibnu Hajar Al Haitami jilid 1, h. 185:

سئل رضي الله عنه عمن صلى الوتر ثلاثا فهل له أن يصلي الباقي منه بعد ذلك بنية الوتر

فأجاب: نعم له ذلك فيما يظهر ، إذ معنى كونه وترا أن فيه الوتر وهو كذلك سواء توسط الوتر أم تقدم أم تأخر

“Beliau (Ibnu Hajar) Ra ditanyakan tentang seseorang yang shalat witir tiga rakaat, apakah boleh baginya melaksanakan shalat setelahnya dengan niat shalat Witir juga?

Beliau menjawab: iya boleh baginya. Sebab maksud dari pada ganjil dalam shalat witir adalah di dalamnya ada rakaat yang ganjil, baik ganjil tersebut terdapat di pertengahan atau terdahulu atau terakhir”.

Adapun terkait pertanyaan pertama: bagaimana baiknya melaksanakan witir 3 rakaat apakah sekali salam atau dua kali salam?
Dalam kajian fikih witir tiga rakaat atau lebih dengan sekali salam dinamakan dengan Al Washlu. Sedangkan jika dilakukan terpisah dengan dua kali salam dinamakan Al Fashlu.

Pada dasarnya baik Al Washlu maupun Al Fashlu kedua-duanya boleh dilakukan berdasarkan hadis-hadis shahih.
Jika ditanyakan mana yang lebih baik maka Al Fashlu lebih baik.

Ibnu Hajar Al Haitami dalam kitab Tuhfat Al Muhtaj, jilid 2, h. 356-357 berkata:

ولمن زاد على ركعة الفصل وهو أفضل

“Bagi yang ingin menambahkan witir lebih dari satu rakaat maka memisahkannya lebih baik”.

Diantara alasannya adalah karena perbuatannya lebih banyak, ada tambahan takbiratul ihram, doa iftitah, salam dan lainnya.
Karena itu Jalaluddin Al Mahalli dalam Kanzu Ar Raghibin jilid 1, h. 243 mengatakan:

لزيادته عليه بالسلام وغيره

“(Lebih utama dua kali salam) sebab adanya tambahan salam dan juga lainnya)”.

Perkataan beliau tentu ada dasar dan dalilnya, diantaranya adalah hadis shahih yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya hadis no. 2433:

كان صلى الله عليه وسلم يفصل بين الشفع والوتر بالتسليم

“Adalah Rasulullah Saw memisahkan antara rakaat genap dan rakaat ganjil dengan salam”.

Begitu pula hadis shahih yang diriwayatkan oleh Al Bukhari no. 994 dan Muslim no. 736:

كان صلى الله عليه وسلم يصلي فيما بين أن يفرغ من صلاة العشاء إلى الفجر إحدى عشرة ركعة، يسلم من كل ركعتين، ويوتر بواحدة
“Adalah Rasulullah Saw melaksanakan shalat setelah shalat Isya hingga waktu Fajar sebanyak 11 rakaat, setiap selesai dua rakaat beliau salam, dan melaksanakan witir dengan satu rakaat”.

Jika witir dilaksanakan sekaligus 3 atau 5 atau 7 rakaat, maka kapankah duduk Tahiyyat Awalnya?

وله الوصل بتشهد أو تشهدين في الركعتين الأخيرتين (تحفة المحتاج ٢/ ٣٥٧)

“Baginya melaksanakan witir yang lebih dari satu rakaat dengan Al Washlu (sekali salam) baik dengan sekali duduk Tasyahhud, atau dengan dua kali duduk tasyahhud yaitu pada dua rakaat yang terakhir”.

Maka berdasarkan nas ini jika seseorang melaksanakan witir tiga rakaat boleh dengan sekali duduk Tahiyyat dan boleh juga dengan dua kali duduk Tahiyyat. Jika dua kali maka keduanya itu di dua rakaat terakhir. Jika 5 rakaat maka duduk tahiyyatnya di rakaat keempat dan kelima. Jika 7 rakaat maka duduk tahiyyatnya di rakaat keenam dan ketujuh.

Adapun jika 3 rakaat jika dilaksanakan dengan sekali salam maka baiknya sekali duduk Tahiyyat. Sebab terdapat larangan menyerupakan shalat Witir dengan shalat Maghrib.

Adapun terkait pertanyaan kedua:
Bagaimanakah niat dua rakaat dari witir?

Di atas telah kita katakan bahwa shalat witir adalah shalat yang terdapat rakaat ganjil di dalamnya. Baik dilakukan satu rakaat, atau tiga rakaat. Dan baik rakaat ganjilnya terdapat di awal seperti seseorang shalat witir satu rakaat selepas shalat Isya lalu di tengah malam kembali terjaga lalu melaksanakan witir dua rakaat, atau dipertengahan seperti seseorang yang telah shalat Witir tiga rakaat dengan dua kali salam secara berjamaah setelah terawih lalu tengah malam kembali melaksanakan witir dua rakaat atau di akhir seperti seseorang yang melaksanakan Witir tiga rakaat dengan dua kali salam.

Adapun seseorang yang melaksanakan shalat witir lebih dari satu rakaat dengan dua kali salam, bagaimana niat yang dipasang ketika melaksanakan shalat witir yang dua rakaat?

Imam Qalyubi dalam Hasyiyahnya terhadap Kanzu Ar Raghibin jilid 1, h. 243 mengatakan:

ﻭﻟﻪ ﻓﻴﻪ ﺃﻥ ﻳﻨﻮﻱ ﺳﻨﺔ اﻟﻮﺗﺮ ﺃﻭ ﻣﻘﺪﻣﺔ اﻟﻮﺗﺮ ﺃﻭ ﻣﻦ اﻟﻮﺗﺮ ﺃﻭ اﻟﻮﺗﺮ ﺃﻳﻀﺎ، ﻭﻻ ﻳﺼﺢ ﺑﻨﻴﺔ اﻟﺸﻔﻊ، ﻭﻻ ﺑﻨﻴﺔ ﺳﻨﺔ اﻟﻌﺸﺎء، ﻭﻻ ﺑﻨﻴﺔ ﺻﻼﺓ اﻟﻠﻴﻞ

“Bagi seseorang yang melaksanakan dua rakaat untuk shalat Witir boleh memasang niat dua rakaat tersebut sebagai Sunnat Witir, atau Muqaddimah shalat Witir, atau dua rakaat bagian dari shalat Witir atau Shalat Witir. Tidak sah jika niatnya shalat Syafa’ (genap), atau dengan niat sunnat Isya atau niat Shalat malam”.

Maka dengan demikian shalat dua rakaat pada shalat witir bisa diniatkan dengan berbagai variasi:
1. Diniatkan dua rakaat sebagai Sunnat Witir, atau
2. Diniatkan dua rakaat sebagai Muqaddimah (pendahuluan) shalat Witir
3. Diniatkan dua rakaat sebagai dua rakaat bagian dari shalat Witir atau
4. Diniatkan dua rakaat sebagai Shalat Witir.

Wallahu A’lam.

Comments

comments

Tentang Penulis

Dosen IAIN Langsa, Doktoral Fiqh Muqaran (Perbandingan Mazhab Fikih) di Universitas Al Azhar - Mesir, Mudir dan Ketua Yayasan Pesantren Dar Faqih Qurani - Aceh Timur, Dewan Fatwa Nasional Jami'ah Al Wasliyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.